Rabu, 05 September 2012

arsitektur akar
suatu kelebihan tanaman dalam mempertahankan hidup dan keajaiban alam

ketika hawa siang sangat panas, terkadang jika kita berada dibawah pohon/berteduh, maka hawanya berubah menjadi segar. tidak ada rasa panas dan gerah ketika sedang berada di bawah pohon tatkala suhu luar sangat panas. penyebab pohon dapat merubah iklim mikro karena pohon ketika berfotosintesis, akan menghasilkan energi, O2 dan uap air. O2 dan ap air inilah yang menyebabkan suhu mikro menjadi sejuk dan segar.
ketika musim panas seperti sekarang ini, terkadang beberapa pohon mulai meranggas daun-daunnya. dapat terlihat bahwa ketika daun-daun mulai menggugur, maka terlihat suatu kerumitan pada percabangan pohon. banyaknya cabang yang kemudian menyabang lagi mungkin bagi banyak orang tidak dipedulikan bahkan kadang mungkin banyak orang berpikir "masa bodoh" pada pohon ya? sebagian besar orang hanya melihat pohon dari segi ekonoms saja. terkadang untuk melihat dari sisi yang artistik atau lainnya orang belum melakukan itu.
itu baru pohon yang tampak di atas tanah. belum yang terkubur di dalam tanah. bagian tanaman yang terkubur di dalam tanah tentu saja adalah akar. bagi sebagian orang akar diartikan sebagai penyangga tanaman agar dapat berdiri tegak, alat untuk menyerap hara yang digunakan untuk bahan fotosintesis, dan juga untuk melindungi tanah dari erosi. memang hal itu benar, itu adalah fungsinya.
akar itu sangat rumit. bukan cuma fungsinya saja yang rumit, bentuknya saja juga rumit. ukurannya, kemampuannya dan juga warnanya juga rumit. kehidupan di sekitar perakaran juga rumit. Tidak terkira bahwa ternyata disekitar perakaran banyak sekali kehidupan. baik itu mikroba maupun makrofauna dan floranya.
berbeda tanaman, struktur perakarannya berbeda. berbeda tempat hidup, jumlah dan populasi biota juga berbeda. arsitek akarnya juga berbeda. ketika suatu tanaman tumbuh ditempat yang berbatu, maka posisi akarnya menjadi sangat ruwet, padahal ditempat yang biasa saja, akar tanaman sudah ruwet. ada tanaman yang perakarannya terus menembus kebawah (tunggang)  dengan sedikit akar serabutnya begitu juga kebalikannya. ada tanaman yang lebih banyak memiliki akar yang ke arah horisontal maupun vertikal tergantung dari jenis tanaman atau lokasi tumbuh.
akar akasia
akar pohon bawangan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar